Jumat (10/11) bertempat di Gedung Pelayanan Terpadu RSUD dr. Soeselo  Kabupaten Tegal, RSUD dr. Soeselo melakukan acara pembukaan kegiatan Pelatihan BTCLS (Basic Trauma Caridac Life Support) yang dibuka secara langsung oleh Wakil Direktur Pelayanan Titis Cahyaningsih.

Pelatihan BTCLS merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardioviskuler. Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisirkan kerusakan organ serta kecacatan penderita.

Pelatihan BTCLS dilaksanakan selama 6 hari, yaitu mulai tanggal  7 sampai 12 November 2023. Tanggal 7 sampai 9 melalui daring, sedangkan tanggal 10 hingga 12 luring. Terdapat 60 peserta yang terdiri dari perawat RSUD dr. Soeselo, yang mendatangkan langsung instruktur  dari MST 119.

Dalam pelatihan BTCLS ini terdapat 10  stase seperti: stase RJP dewasa, stase RJP anak, stase triage, tim initial assessmen dan lain-lain. Peserta dibuat menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok memiliki instruktur yang berbeda-beda. Selain belajar, peserta BTCLS juga langsung mempraktikkan apa yang sudah diajarkan.

Dengan adanya pelatihan BTCLS, diharapkan para karyawan dapat terus meningkatkan keterampilan dan wawasan serta kompetensi yang baik dalam melakukan pelayanan secara maksimal di RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal, demi pelayanan kepada pasien yang prima.

Penulis : Nurul Afifah