Rumah Sakit sebagai lembaga pelayanan publik memiliki tujuan untuk mencapai kepuasan masyarakat. Namun, untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan tidaklah mudah. Peningkatan pelayanan, perbaikan manajemen, pembangunan sarana prasarana serta optimalisasi kinjerja pegawai turut berperan serta dalam penilaian masyarakat terhadap sebuah pelayanan. Maka dari itu, diperlukan sebuah Survei Kepuasan Masyarakat. Survei Kepuasan Masyarakat adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Dalam pelaksanaannya, Survei Kepuasan Masyarakat harus memperhatikan prinsip Transparan, Partisipatif, Akuntabel, Berkesinambungan, Keadilan dan Netralitas. Hasil dari kegiatan pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat ini adalah Indeks Kepuasan Masyarakat yang berupa angka dengan skala 1 (satu) sampai dengan 4 (empat).

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal Tahun 2022 dengan total nilai 77,08 yang memenuhi 9 unsur pengukuran kepuasan masyarakat, yaitu sebagai berikut:

Penulis: Heni Purnamasari