RSUD dr. Soeselo - Jl. Dr. Sutomo No. 63, Slawi (0283) 491016

Selasa (11/7), RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal menggelar Donor Darah yang bertempat di Ruang Hall pintu masuk pendaftaran. Acara yang rutin diselenggarakan oleh Soeselo Peduli merupakan bentuk sumbangsih rumah sakit terhadap sesama. Donor darah dibuka mulai dari pukul 11.00 pagi sampai 14.00 siang.

Peserta yang mendonorkan darah datang dari pegawai internal rumah sakit dan warga luar rumah sakit dengan total 39 peserta. Jumlah kantong darah yang terkumpul sebanyak 36 kantong, gagal 3. Kantong yang telah terkumpul selanjutnya diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal untuk diolah hingga dapat didistribusikan ke Bank Darah Rumah Sakit (BDRS).

Jika kita membicarakan tentang donor darah, maka tidak jauh-jauh dari Palang Merah. Pada mulanya, Palang Merah dan Bulan Sabit Internasional lahir pada tanggal 24 Juni 1859 di kota Solferino, Italia Utara. Saat itu, pasukan Perancis dan Italia sedang bertempur melawan pasukan Austria dalam suatu peperangan.

Seorang pemuda warga negara Swiss, Henry Dunant, yang sedang dalam perjalanan menjumpai Kaisar Perancis, Napoleon III melihat 40.000 tentara terluka, sementara bantuan medis militer tidak cukup untuk merawat korban pertempuran tersebut, sehingga lahirlah gagasan untuk membentuk organisasi tersebut. Sementara itu, pelaksanaan Hari Donor Darah Sedunia baru pertama kali dirayakan secara internasional mulai tanggal 14 Juni 2005.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila mendonorkan darahmu secara rutin, seperti membantu menurunkan berat badan, Mmnurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, risiko kanker, mendeteksi penyakit serius, hingga mampu meningkatkan kesehatan mental dan memperpanjang umur. Yuk, tunggu apalagi? Mulai donor darah sekarang!

Penulis: Heni Purnamasari

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like