Selasa (11/7), telah disahkan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tegal dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang menyatakan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soeselo Kabupaten Tegal kini resmi menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Unversitas Muhammadiyah Purwokerto.

Acara yang diadakan di Auditorium Lantai 4 Gedung Terpadu RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto beserta Dekan Fakultas Kedokteran untuk mengesahkan perjanjian kerjasama bersama Direktur RSUD dr. Soeselo yang dimulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Dalam sambutannya, Rektor UMP, Jebul Suroso menyambut baik kerjasama ini. Meski jumlah mahasiswa kedokteran UMP yang melakukan koas di RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal terkadang jumlahnya naik turun.

”Alhamdulillah kerjasama dengan rumah sakit ini tidak putus nyambung, meski jumlah mahasiswa fluktuatif naik turun. Seiring berjalannya waktu, rumah sakit ini juga semakin baik dan bekembang.” ungkap Suroso.

Perjanjian kerjasama antara RSUD dr. Soeselo dan UMP memuat beberapa hal penting yang menjadi garis besar, diantaranya seperti dengan melakukan Dosen yang diangkat dapat berasal dari

Daya tampung mahasiswa atau peserta didik profesi dokter yang harus ditanggung RSUD dr. Soeselo dalam waktu satu tahun pada setiap jenjang dan program pendidikan, penelitian dan pelayanan bidang kedokteran adalah sebanyak 150 (seratus limapuluh) peserta.

Direktur RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal, Guntur Muhamamd Taqwin menyatakan bahwa untuk menunjang proses pendidikan mahasiswa kedokteran UMP,  rumah sakit telah menyediakan berbagai sarana prasana untuk pemenuhan kebutuhan selama proses pembelajaran, seperti ruang pembelajaran atau simulasi dan perlengkapannya, ruang diskusi, perpustakaan yang sudah mumpuni untuk e-library, skills lab, dan ruang jaga di beberapa instalasi baik IGD, rawat inap, dan intensif care.

”Peningkatan kualitas sebagai rumah sakit pendidikan, salah satu sarana prasarana yang sudah mulai kami bangun, yaitu asrama yang nantinya akan dipergunakan oleh mahasiswa UMP beserta perlengkapannya. Kami mulai membangun asrama tersebut dekat dengan parkiran motor dan mobil.” Jelas Guntur.

Penandatangan MoU

Penandatanganan kerjasama dilakukan secara langsung dengan disaksikan oleh Sekda Tegal, Rektor UMP, beserta para tamu undangan yang dimulai dari Direktur RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal sebagai pihak kedua, dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Kedokteran UMP, Muhammad Mansyur Romi sebagai pihak kesatu.

Diakhir sesi ditutup dengan penempelan telapak tangan ke depan layar monitor sebagai simbolik peresmian RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran UMP.

Penulis: Heni Purnamasari