RSUD dr. Soeselo - Jl. Dr. Sutomo No. 63, Slawi (0283) 491016

Rabu (27/9) bertempat di Gedung Dadali Pemda Kabupaten Tegal, RSUD dr. Soeselo dan 14 OPD lainnya menghadiri acara KIP Award Kabupaten Tegal Tahun 2023. KIP Award merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Tegal sebagai upaya mewujudkan Pemerintah Kabupaten Tegal sebagai badan publik pemerintah yang informatif.

Terhitung terdapat 15 OPD yang berhasil lolos babak final setelah tahapan Uji Publik, diantaranya ada 9 OPD meraih Kategori Cukup Informatif, 2 OPD meraih Kategori Menuju Informatif, 4 OPD berhasil meraih Kategori Informatif dan RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal berhasil meraih Kategori Informatif 1 dengan nilai nyaris sempurna, yaitu 99.

Penghargaan ini diberikan setelah RSUD dr. Soeselo melewati serangkaian penilaian ketat dan kompetitif. Tahapan yang cukup panjang dilalui Tim PPID RSUD dr. Soeselo hingga akhirnya berhasil menyabet penghargaan ini. Tidak hanya membawa pulang rasa bangga, RSUD dr. Soeselo juga menggondol 3 kambing sebagai hadiah atas prestasi meraih kategori informatif 1.

Pada tahap pertama, yaitu penilaian website PPID masing-masing OPD dimulai dari 21 Januari hingga 31 Maret 2023. Selanjutnya, penilaian SAQ mulai dari 22 Mei hingga 22 Juni 2023. Lalu, tahap ketiga berupa visitasi dan verifikasi dokumen pada bulan Juli 2023, dan tahap terakhir, yaitu Uji Publik yang berlangsung pada 12 – 13 September 2023.

Direktur RSUD dr. Soeselo, Guntur Muhammad Taqwin, menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih. Ucapan terima kasih kepada Tim PPID yang telah bekerja keras untuk memenuhi seluruh tahapan penilaian dengan baik. Beliau menyatakan, “Meski dalam pelaksanaannya terkadang ada kendala, seperti pada saat pemenuhan dokumen, kami perlu berkoordinasi dengan berbagai bidang terkait, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan tuntas. Dengan adanya KIP Award Kabupaten Tegal ini, membawa kami semakin berkomitmen untuk terus menyediakan dan melayani keterbutuhan informasi publik dengan akses yang mudah dan cepat sesuai dengan peraturan yang ada. Penghargaan ini tidak berhenti sampai di sini, kami juga masih berjuang untuk ajang KIP Award tingkat Provinsi Jawa Tengah.”

Adanya KIP Award Kabupaten Tegal memacu RSUD dr. Soeselo untuk terus memberikan kebutuhan akan keterbukaan informasi publik yang transparan dan akuntabel dan berfokus pada peningkatan kemudahan bagi setiap lini masyarakat yang membutuhkan pelayanan informasi publik.

Penulis: Heni Purnamasari

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like