RSUD dr. Soeselo - Jl. Dr. Sutomo No. 63, Slawi (0283) 491016

Tidak heran jika Hipertensi dijuluki sebagai The Silent Killer, diam-diam menimbulkan berbagai penyakit, diam-diam jadi pembunuh yang bersembunyi di dalam tubuh. Meski begitu, julukannya tak membuat kita takut bahkan bergeming. Seringkali kita abaikan begitu saja, ah paling sembuh sendiri, katanya sambil memakan gorengan dan begadang di malam hari.

Kita akan memulai aksi jika sudah merasa ada yang tak beres atau sebut saja sakit. Padahal istilah “Lebih baik dicegah sebelum diobati” benar adanya. Pencegahan hipertensi banyak macamnya, selain merubah gaya hidup, kita juga bisa melakukan senam. Senam-senam yang kita kenal mungkin sebatas senam aerobik, senam zumba, senam jantung sehat. Kini kita mulai kenalan dengan Senam Anti Hipertensi.

Senam Anti Hipertensi merupakan senam ringan yang dapat dilakukan sembari bersantai tanpa gerakan yang menguras banyak tenaga. Gerakannya banyak di bagian anggota tubuh seperti tangan, kaki, dan pinggang. Selain sebagai bentuk aktivitas fisik, senam ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan suplai oksigen ke jantung, merelaksasi pembuluh darah, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan berat badan.

Senam Anti Hipertensi mulai digalakkan oleh Klinik Penyakit Dalam 2 pada Sabtu, 17 November 2022 di Ruang Tunggu Rawat Jalan pada pukul 08.00-09.00 WIB. Gerakan senam ini dipandu oleh para Perawat Klinik Penyakit Dalam 2 dan mahasiswa koas. Selain untuk pasien hipertensi, kegiatan ini juga diikuti oleh pasien lainnya. Antusiasme cukup terasa ketika pasien di ruang runggu rawat jalan yang penuh turut berdiri mengikuti instruksi gerakan senam.

Senam ini dapat dilakukan sehari dua kali, boleh di waktu senggang, atau menentukan waktu misalnya di pagi hari setelah bangun dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, senam ini dapat dilakukan sembari duduk maupun berdiri. Seperti apa gerakan Senam Anti Hipertensi? Gerakannya sederhana dan mudah dihapalkan, untuk lebih jelasnya bisa di tonton video berikut:

Penulis: Heni Purnamasari, SKM

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like